Senin, 11 Juli 2016

Sampah Indonesia Sampai di Australia!

Saya mendapat kabar dari seorang teman dari Australia bernama Dr. Matt tentang sampah.Teman saya mengirim beberapa foto sampah yang dia temukan di sebuah pulau di Australia. Sampah-sampah botol itu berasal dari perairan Indonesia. Bisa jadi, banyak orang yang sembarangan membuang sampah ke laut dan tidak mengerti apa akibatnya.

Jangan sampai sampah mencoreng nama Indonesia di mata bangsa lain.Kita punya alam yang indah dan kaya tiada terkira, kita harus selalu jaga kebersihannya.

Ini beberapa foto kiriman dari Dr. Matt Australia yang bekerja di salah satu pulau  bernama Cocos Keeling Islands milik Australia yang letaknya berada di selatan Indonesia. Sewaktu jalan-jalan di pantai, Dr. Matt menemukan botol-botol sampah ini kemudian kaget karena ternyata dari Indonesia.

Apa yang orang dipulau itu pikirkan? Indonesia itu negara apa? Pasti banyak sampah, pasti kotor... Sampahnya sampai datang ke tempat lain. Jangan sampai ini terjadi terus ya...Sampah bisa dijaga dengan kita selalu peduli untuk membuang sampah pada tempatnya. 

Ini sampah-sampah botol minuman dan sabun dari Indonesia

Dr. Matt sedang berjalan dipantai

Pantai bersih dan indah tanpa sampah

Botol sampah kiriman dari perairan Indonesia

Sampah yang diambil Dr.Matt untuk dibuang ditempat sampah
Sampah-sampah yang diambil Dr. Matt itu akan dimasukkan ke tempat sampah khusus botol plastik kemudian akan dikelola petugas untuk dipress dan dikirim ke kota Australia untuk dihancurkan. Masyarakat di pulau ini sangat senang menjaga kebersihan. Semua rumah dan lingkungannya sehat dan bersih. Semua tempat enak dipandang mata. "Senang ya kalau bisa tinggal ditempat yang selalu bersih", kata Dr. Matt. 

Ayo masyarakat Indonesia, khususnya warga Palar, kita wujudkan tempat tinggal bersih dengan sadar lingkungan mulai dari diri sendiri, keluarga, tetangga, dan semoga gethuk tular aktif menyebar... 
Guyup rukun bersih desa! Nabung sampah di Bank Sampah Dadi Langgeng.Salam Palar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar